4 Tipe Machine Learning dan Jenis nya


Machine Learning terbagi menjadi 4 kategori umum:
1. Supervised Learning: Dalam supervised learning, dataset yang digunakan memiliki label. Label merupakan tag atau pengenal dari sebuah data. Sebagai contoh, sebuah buah yang memiliki atribut berwarna hijau, berat lebih dari 500 gram, kulit keras, berduri, bau menyengat, dan daging buahnya manis, dikenali sebagai durian. Klasifikasi email spam adalah contoh dari supervised learning.
2. Unsupervised Learning: Dalam unsupervised learning, dataset yang digunakan tidak memiliki label. Model unsupervised belajar sendiri untuk melabeli atau mengelompokkan data. Contohnya, dari data 100 pengunjung sebuah website, model akan belajar sendiri untuk mengelompokkan pengunjung berdasarkan waktu kunjungan, lama kunjungan, jumlah klik, dan sebagainya.
3. Semi Supervised Learning: Semi Supervised adalah gabungan dari supervised learning dan unsupervised learning. Pada model semi supervised, sebagian dataset pelatihan memiliki label dan sebagian tidak. Salah satu contoh implementasinya adalah Google Photos, di mana kita bisa memberi tag untuk setiap orang dalam sebuah foto. Dengan demikian, ketika kita mengunggah foto baru dengan wajah orang yang sudah kita beri tag sebelumnya, Google Photos secara otomatis akan mengenali orang tersebut. Contoh model semi supervised adalah Deep Belief Network (DBN).
4. Reinforcement Learning: Reinforcement Learning adalah model yang belajar menggunakan sistem reward dan penalties. Model ini belajar untuk terus mendapatkan reward dan menghindari penalties. Sebagai contoh, Alpha Go adalah program yang dikembangkan oleh Google DeepMind untuk memainkan permainan Go, permainan papan asal Cina. Alpha Go mempelajari setiap langkah dalam jutaan permainan Go untuk terus mendapatkan reward, yaitu memenangkan permainan. Keberhasilan Alpha Go dalam mengalahkan pemain profesional membuatnya menjadi terkenal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tipe Machine Learning dan Jenis nya"

Posting Komentar

komentar anda sangat berharga